Tips Untuk Laptop Komputer Yang Cepat Panas

Pernahkah Anda merasa laptop atau komputer tiba-tiba terasa sangat panas? Kejadian ini sering sekali terjadi pada laptop terutama bagian bawahnya. Laptop komputer telah dirancang dengan memiliki kipas tersendiri di dalam mesinnya yang berfungsi untuk mengurangi mesin yang panas. Namun, kenyataannya tetap saja terasa panas bahkan sampai mati mendadak. Jangan biarkan jika laptop komputer Anda tiba-tiba terasa panas karena dapat menyebabkan berbagai masalah lainnya. Anda juga harus membeli pendingin eksternal agar laptop tidak mudah rusak karena panas ini. Sebenarnya panas atau overheating  laptop komputer bisa dihindari dengan beberapa tips untuk laptop komputer berikut ini. Pertama, pastikan kipas laptop bekerja dengan baik. Jika Anda mendengar suara yang sangat bising saat laptop dinyalakan maka bisa jadi suara itu berasal dari kipas yang rusak. Rusaknya kipas dapat membuat kerja pendinginan tidak optimal sehingga laptop terasa semakin panas. Jika Anda mendengar suara bising kipas tersebut segera perbaiki sebelum makin parah.

Tips kedua adalah membersihkan mesin laptop komputer Anda. Mesin laptop komputer terutama bagian kipas sering kemasukan debu. Jika dibiarkan, debu ini akan menumpuk sangat tebal sehingga kipas tidak bisa berputar dengan baik. Cukup bersihkan debu yang menempel pada mesin dengan tisu atau pembersih khusus. Jangan dibiarkan sampai menimbulkan kerak yang sulit dibersihkan nantinya. Berikutnya adalah meletakkan laptop di atas kasur atau bantal. Meletakkan laptop di atas kasur atau bantal membuat panas tidak bisa keluar dan terperangkap di dalam mesin. Permukaan yang mudah panas seperi kain pada kasur atau bantal juga membuat kondisi mesin laptop semakin memanas. Jadi letakkan laptop komputer Anda di meja agaar lebih awet. Atau beri alas seperti papan jika Anda ingin menggunakannya di atas kasur.

Namun, cara yang paling baik adalah meletakkannya di atas lantai atau meja yang sejuk. Cara Anda memperlakukan laptop juga berpengaruh untuk panasnya laptop komputer. Ketika Anda menggunakannya terus menerus tanpa henti maka laptop komputer akan memanas, jadi biarkan juga laptop mati selama beberapa saat.

Related posts:

This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.