Teknik Pemasangan Papan Gypsum untuk Partisi Kantor

Papan gypsum juga disebut dengan drywall ataupun sheetrock sebagai material partisi, dinding, plafon maupun sebagai pelapis dinding bata menggantikan plesteran. Papan ini memiliki sifat tahan panas dan tahan api, tahan kelembaban, tahan perubahan suhu dan mampu meredam getaran dan suara. Bahan yang dinilai lebih fleksibel ini juga terkenal lebih ramah lingkungan. Teknik pemasangan partisi ruangan kantor gypsum yang cepat dan sederhana menjadikan bahan gypsum banyak diminati.

Konstruksi Dinding Gypsum

Papan gypsum memiliki ukuran 1,2 × 2,4 mdengan ketebalan bervariasi mulai 8mm hingga 12 mm atau sesuai pesanan. Proses pemasangan partisi papan gypsum relatif sederhana tanpa membutuhkan material seperti batu bata, semen maupun pasir karena tiap lembar papan gypsum dipasang menggunakan skrup pada konstruksi frame (rangka ) kayu ataupun metal.Rangka dirancang sesuai modul mulai dari bagian lantai sampai ke plafon atau dari satu sisi ruang ke sisi lain. Rangka tersebut dipasang secara tegak lurus dan memiliki jarak ideal 60×60 cm.

Saat akan mengerjakan pemasangan partisi gypsum tersebut, ada sejumlah material dan alat yang harus dipersiapkan. Material yang perlu disiapkan antara lain penyusun rangka (kayu, besi hollow dan metal furing), mur-baut, angkur, papan gypsum, sekrup gypsum, textile tape, compound, amplas serta sejumlah material untuk finishing. Sedangkan alatnya, antara lain steger, waterpass, meteran, unting-unting, gergaji, gerinda dan set bor listrik.

Proses Pengerjaan Konstruksi Gypsum

Secara sederhana, proses pemasangan partisi  dapat dijelaskan dengan

  • Penyiapan lokasi dengan melakukan pembersihan dan menyingkirkan perabot dan barang.
  • Mengukur lebar dan tinggi lalu memberikan tanda berupa titik-titik pada lantai ataupun dinding yang akan dipasangi partisi gypsum .
  • Penyiapan material dan alat yang diperlukan dan tempatkan di lokasi yang aman dan terjangkau.
  • Melakukan pemotongan bahan rangka sesuai ukuran dan jarak ideal.
  • Mulai memasang konstruksi rangka. Sesuai penanda dengan posisi tegak lurus.
  • Memasang panel gypsum di salah satu sisi rangka terlebih dahulu lalu periksa permukaan menggunakan waterpass.
  • Melakukan pemasangan instalasi listrik, telepon dan lainnya seperti peredam sambil merapikan seluruh kabel instalasi.
  • Ketika pemasangan instalasi listrik dan peredam tersebut selesai, barulah melakukan pemasangan papan gypsum untuk sisi baliknya. Dengan demikian, kabel instalasi tersembunyi di dalam dinding partisi.
  • Setelah partisi terbentuk, Anda dapat menggunakan textile tape di tiap sambungan antar papan gipsum lalu menggunakan compound di sambungan dan di setiap posisi kepala sekrup gypsum sehingga hasil pekerjaan menjadi lebih rata menggunakan amplas.
  • Lakukan finishingdengan menggunakan cat ataupun bahan pelapis lainnya sesuai dengan keinginan konsumen.

Demikianlah tahapan sederhana pemasangan papan gypsum yang biasanya dilakukan pada proses pengerjaan partisi kantor gypsum. Tak menutup kemungkinan terdapat perbedaan baik dari segi material dan proses menyesuaikan dengan kondisi di lapangan dan permintaan konsumen.

Related posts:

This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.