Bagaimana Cara Sablon Kaos Dengan Transfer Paper?

Bagaimana Anda mencetak baju atau kaos menggunakan kertas transfer? Kali ini penulisakan berbagi informasi tentang cara menyaring kaos dengan kertas transfer seperti sablon kaos andalas yang keren habis.

Sebelumnya perlu tahu dulu apa kertas transfer itu? Metode Transfer Paper adalah metode pencetakan layar digital yang menggunakan media kertas khusus yang disebut “Transfer Paper”, di mana gambar yang dicetak / desain menggunakan printer ke kertas khusus kemudian diterapkan ke kaos menggunakan mesin hot press.

Kertas transfer secara khusus dirancang untuk mentransfer gambar atau menulis ke baju polos dengan cara panas. Metode sablon menggunakan kertas transfer tidak membutuhkan banyak peralatan. Kami hanya memiliki komputer dengan perangkat lunak seperti CorelDraw atau Photoshop dan printer untuk mencetak gambar yang kami buat untuk mentransfer kertas. Anda dapat menggunakan printer inkjet untuk mencetaknya.

Kertas transfer ini biasanya dijual per 6 buah atau 12 buah per bungkus di toko-toko yang menjual tinta dan aksesoris komputer. Selain itu, tentu saja Anda harus memiliki kaos polos sebagai media.

Ada dua jenis kertas transfer. Jika kita ingin mentransfer desain pada kaos polos yang berwarna putih, abu-abu atau warna-warna cerah lainnya maka gunakan kertas transfer standar atau yang biasa disebut kertas transfer bening. Sedangkan untuk kaos polos yang warnanya lebih gelap atau hitam, gunakan kertas transfer gelap.

Metode pencetakan kaos polos dengan transfer kertas:

  1. Pastikan gambar yang Anda desain di komputer dengan pengaturan mirror.
  2. Cetak gambar, tulisan desain Anda, atau foto ke kertas transfer kertas.
  3. Potong kertas transfer kertas yang telah dicetak sesuai gambar, sisakan 0,2 mm untuk batas.
  4. Letakkan baju yang akan kita saring pada karton yang cukup tebal.
  5. Tempatkan kertas transfer yang telah dipotong pada baju, lalu gosok menggunakan setrika dengan pengaturan suhu rendah, jangan terlalu panas karena kertas bisa menempel pada setrika. Hasilnya akan lebih mudah dan konsisten jika Anda menggunakan mesin hot press yang dapat mengatur suhu dan waktu menekan, ini biasa disebut sablon digital.
  6. Saat menggunakan setrika, gosokkan secara merata selama 30 detik.
  7. Dan langkah terakhir, buka kertas transfer kertas secara perlahan, lalu kaos sablon dengan yang Anda desain sendiri sudah selesai.

Related posts:

This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.